Latihan

Latihan Kimia Anorganik 2

  • Suatu senyawa kompleks oktahedral menyerap cahaya pada panjang gelombang 535 nm. Hitung lah berapa besar energi pembelahan medan kristal (Δo)? dan warna apakah yang akan akan dilihat oleh mata?

Jawaban: untuk menyelesaikan ini maka diperlukan persamaan  Δo=hc/λ   dimana h adalah konstanta Planck:  6.625×10−34J⋅s dan c adalah kecepatan cahata yaitu 2.998×108m/s. maka:

 persamaan 1

Cahaya yang diserap adalah hijau (daerah 535 nm) sehingga warna yang lihat adalah warna komplementernya yaitu: merah

  • Terdapat dua larutan kompleks, satu berwarna kuning dan yang satu lagi berwarna ungu. Manakah warna masing-masing bila diketahui kedua kompleks tersebut adalah [Co(H2O)6]3+ dan [Co(CN)6]3-.

Jawaban: [Co(H2O)6]3+ berwarna ungu dan [Co(CN)6]3- berwarna kuning. H2O merupakan ligan medan lemah dibandingkan CN- seperti terlihat dalam deret spektrokemikal ligan, memiliki Δo  yang lebih kecil dan akan menyerap cahaya pada panjang gelombang lebih panjang sehingga merefleksi warna dengan panjang gelombang lebih pendek yaitu ungu. Sebaliknya ion CN- merupakan ligan medan kuat (Δo besar) maka akan menyerap warna dengan panjang gelombang pendek (ungu) dan akan mereflesikan warna komplementernya (kuning).